Cara Daftar Ulang (registrasi) kartu perdana Indosat, Tri, Telkomsel, XL, dan Smartfren

Registrasi kartu SIM prabayar untuk semua operator sekarang sangatlah penting untuk di ketahui oleh semua pengguna untuk keperluan validasi kepemilikan.

Daftar ulang kartu SIM prabayar yang di wajib kan mengisi atau mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) dan juga kartu keluarga (KK).

Registrasi SIM tidak cuma untuk pelanggan baru, pelanggan lama juga wajib melakukan pendaftaran ulang/registrasi sebelum masa yang di tetapkan akan habis.

Jika sobat tidak segera melakukan registrasi kartu perdana baru atau lama, maka kartu sobat akan di nonaktifkan atau lebih jelasnya di blokir sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nomor 14 Tahun 2017, registrasi ulang kartu SIM wajib dilakukan paling lambat tanggal 28 Februari 2018.

Cara registrasi kartu sim terbaru

Cara registrasi kartu SIM perdana/prabayar sangat mudah kok sobat, sobat cuma harus menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK) dan juga kartu keluarga (KK).

Nomor (NIK) bisa di dapatkan di KTP atau bisa juga di dapatkan di lembar KK di sebelah nama terdapat nomor NIK yang terdiri dari 16 angka.

Untuk nomor KK, sobat bisa lihat di bagian atas terdapat 16 angka. sobat jangan khawatir masalah biaya, karena melakukan registrasi SIM tidak dipungut biaya alias Gratis.

Silahkan disimak baik-baik panduan di berikut ini supaya tidak terjadi kesalahan saat sobat melakukan registrasi baru maupun registrasi ulang.

Cara registrasi Kartu Prabayar Semua Operator


Registrasi Pelanggan Lama


1. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif Telkomsel (Simpati, Kartu AS): 
ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK# kirim ke 4444

2. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif XL Axiata (XL, Axis) : 
ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK# kirim ke 4444

3. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:
ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK# kirim ke 4444

Jika sobat sudah melakukan pendaftaran ulang di atas, sobat tinggal tunggu balasan apakah sobat berhasil atau tidak karena salah memasukan nomor.

Registrasi Pelanggan Baru


Kartu perdana baru harus mendaftar seperti biasa, dimana sobat harus melakukan pendaftaran dengan memasukan Nama, Alamat, ID Outlet, Dsb. Jika sobat sudah melakuan  pendaftaran seperti biasa sekarang tinggal sobat registrasi dengan Nomor Induk Kependudukan dan Kartu Keluarga.

1. Registrasi kartu SIM prabayar perdana Telkomsel (Simpati, Kartu AS): 
REG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK# kirim ke 4444

2. Registrasi kartu SIM prabayar perdana XL Axiata (XL, Axis) : 
DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK# kirim ke 4444

3. Registrasi kartu SIM prabayar perdana Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:
16 digit NIK#16 digit nomor KK# kirim ke 4444

Harap di perhatikan! Saat registrasi sobat di wajibkan memasukan nomor NIK dan KK asli. Karena operator akan otomatis mencocokkan informasi yang dikirimkan pelanggan dengan pusat data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau biasa disebut DUKCAPIL.

Jika sobat sudah melakukan registrasi dengan data asli dan tidak mendapat balasan, sobat bisa melakukan aktivasi kartu SIM dengan cara mengisi surat pernyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar