BAHAN KIMIA TERLENGKAP DIRUMAH

                                                          BAHAN KIMIA DI RUMAH

1.     BAHAN PEMBERSIH

Pada dasarnya pembersih badan, pembersih pakaian dan pembersih lantai memiliki sifat yang sama, semuanya adalah sabun atau deterjen.  Sabun adalah bahan kimia yang terbuat dari bahan alam, seperti minyak dan lemak yang direaksikan dengan bahan kimia lain yang disebut basa. Contoh bahan kimia basa, yaitu kalium hidroksida (KOH) dan natrium hidroksida (NaOH). Adapun detergen adalah senyawa kimia bernama alkyl benzene sulfonat (ABS) yang direaksikan dengan natrium hidroksida (NaOH). Bahan ABS diperoleh dari pengolahan minyak bumi.. Sabun dan deterjen dapat berfungsi sebagai pembersih karena sabun memiliki dua sifat sekaligus, yaitu sifat polar dan sifat non polar. Air disebut sebagai larutan yang bersifat polar artinya larutan yang dapat bermuatan listrik, meskipun sangat lemah. Minyak bersifat non polar artinya tidak dapat bermuatan listrik. Minyak yang bersifat non polar tidak dapat bercampur dengan air yang bersifat polar. Agar minyak dan air dapat bercampur maka digunakan sabun yang memiliki dua sifat, yaitu satu sisi bersifat non polar dan sisi lain bersifat polar. Air yang bersifat polar diikat oleh ujung sabun yang bersifat polar sedangkan minyak/lemak/kotoran organik yang bersifat non polar diikat oleh ujung sabun lainnya yang bersifat non polar juga. Perbedaan detergen dengan sabun antara lain daya cuci detergen lebih kuat dibandingkan sabun dan detergen dapat bekerja pada air sadah. Akan tetapi sabun lebih mudah diurai oleh mikroorganisme dari pada deterjen.

a.     Pembersih Badan

Bahan-bahan kimia yang termasuk kategori pembersih badan sangat banyak misalnya sabun mandi, pasta gigi, sampho, pembersih muka dan pencuci tangan.

SABUN :


Kandungan utama sabun adalah Na-karboksilat (RCOONa), sabun mandi dibuat dari campuran basa dengan minyak. Umumnya basa yang digunakan adalah kalium hidroksida (KOH). Pada beberapa sabun mandi ditambahkan sulfur yang berfungsi sebagai antiseptik. Garam mandi merupakan zat aditif yang berfungsi memberi nilai tambah bagi sebuah peran sabun mandi. Garam mandi umumnya mengandung garam-garam anorganik, minyak esensial dan pewangi.

Adapun Manfaat nya adalah :

Tubuh kita terkena debu, kotoran dan keringat setelah melakukan aktivitas seharian penuh. Oleh karena itu, mandi sore sangat penting untuk membersihkan tubuh. Meskipun Anda tidak melakukan kegiatan apapun, mandi merupakan suatu keharusan bagi Anda. Berikut ini adalah khasiat sabun mandi yang Anda gunakan sehari-hari:
Membersihkan kulit tubuh dari debu, kotoran dan keringat.
Menjaga kelembaban kulit tubuh agar tidak kering.
Membuat tubuh jadi lebih wangi.
Menyegarkan kulit tubuh agar terasa lebih nyaman.
Menjaga kulit agar tetap sehat.
Untuk beberapa jenis sabun mandi tertentu dapat memutihkan kulit tubuh.

PASTI GIGI. 



Kandungan Zat Kimia dan komposisi Pada Pasta gigi pepsodent

Calcium
Water/air                                             
Sorbitol
Hydrated silica
Sodium lauryl sulfate
Sodium monoflourophosphate
Flavor
Cellulosa gum
Potassium citrate
Sodium silicate
Sodium saccharin
DMDM hydantoin
CI 77891
Mengandung fluoride


Rumus Kimia Kandungan Pepsodent

Calcium                        : C3H8O3
Sodium lauryl sulfate      : NaC12H25SO4
Cellulosa gum                :(-CH2-COOH)
Sodium silicate              : (Na2SiO2)nO
DMDM hydantoin             : C7H12N2O4
Sorbitol                       : C6H14O6


Hampir setiap hari orang memakai pasta gigi, karena tidak ingin sakit gigi. Sakit gigi umumnya disebabkan karies atau disebut demineralisasi (penghilangan mineral). Karies timbul karena adanya plak gigi yang merupakan lengketan bakteri dan produk-produk yang terbentuk pada permukaan gigi. Jenis bakteri ini dapat meningkatkan keasaman gigi, akibatnya email gigi ikut larut dan timbullah karies. Umumnya pasta gigi mengandung fluorida yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan kalsium.

SAMPHO.



Shampo adalah salah satu hal yang penting bagi kehidupan manusia, baik pria maupun wanita,
Fungsi utama dari shampo adalah membersihkan rambut dan kulit kepala, kotoran rambut termasuk sekresi alami dari kulit, penumpukan kotoran dari lingkungan dan sisa dari produk perawatan rambut yang digunakan oleh konsumen. Setelah pembersihan sempurna maka dapat memberikan kepuasan bagi pemakai / konsumen. Shampo akan menghasilkan rambut yang lembut, berkilau, dan mudah diatur. Formulasi dari shampo dapat pula berupa campuran yang ditekankan untuk beberapa kemampuan khusus seperti meminimalkan rasa perih pada mata, mengontrol ketombe atau memberikan keharuman yang menarik untuk bau wangi yang dapat diterima.
Shampoo juga di lengkapi dengan conditioner yang gunanya untuk melembutkan / menghaluskan rambut.
Shampoo banyak tersedia dalam berbagai macam versi, ada yang berbentuk cairan, gel, dll.. jika dalam
bentuk cairan maka warnanya akan bermacam-macam, ada warna kuning, hitam, dan beragai macam
warna lainnya,.
Tapi shampo sekarang sudah banyak yang tidak jelas atau istilahnya sekarang shampoo abal-abal, maka
kita sebagai konsumen harus pintar-pintar memilah milih shampoo mana yang terbaik untuk kita pakai,
agar rambut kita pun tidak rusak dan rambut tetap sehat. Jika shampoo yang kita pakai tidak cocok
 dengan keadaan rambut kita, misalnya rambut kita rontok stau gatal-gatal, maka kita jangan teruskan
memakai shampoo tersebut, karena itu akan lebih membahayakan rambut kita, dan lebih baiknya lagi kita segera ke dokter untuk konsultasi masalah yang kita hadapi.

Bahan-bahan kimia yang biasanya terdapat pada shampoo adalah sebagai berikut.
1. surfaktan anionik, yang  digunakan sebagai bahan pembersih
2. surfaktan kationik, yang digunakan sebagai pelembut dalam kondisioner
3. surfaktan amfoterik, sebagai bahan aditif fungsional, termasuk di dalamnya bahan yang               mengontrol viskositas (kekentalan) shampoo
4. natrium benzoat, paraben, tetranatrium EDTA sebagai pengawet
5. bahan afitif estetik, yaitu pewarna dan pengharum shampoo
6. bahan aktif medis, misalnya seng piritionin sebagai penghilang ketombe, atau pantenol untuk pertumbuhan rambut dan meningkatkan kelembaban rambut

b.    Pembersih Pakaian

Sabun cuci pakaian dapat dibagi dua, yaitu sabun dan detergen. Sabun dan detergen memiliki fungsi yang sama, yaitu bila ditambahkan ke dalam air, dapat melepaskan kotoran dari suatu benda. Cara kerjanya adalah menurunkan tegangan permukaan air, sehingga air mudah membasahi bahan, kemudian sabun atau detergen menarik kotoran dari bahan, menahan kotoran agar tetap sebagai suspensi dalam air. . Kotoran yang bersifat nonpolar, seperti minyak atau lemak tidak akan hilang jika hanya dibersihkan menggunakan air. Oleh karena itu, diperlukan detergen sebagai pembersihnya. Ujung hidrofob detergen yang bersifat nonpolar mudah larut dalam minyak atau lemak dari bahan cucian. Maka ketika  menggosok atau memeras pakaian membuat minyak atau lemak menjadi butiranbutiran lepas yang dikelilingi oleh lapisan molekul detergen. Gugus polarnya berada di luar lapisan sehingga butiran itu larut di air.

 Detergen dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu :

1)     Detergen yang dibuat dari asam hidrokarbon yang struktur rantainya lurus. Bahan ini dapat dihancurkan oleh mikroba (Biodegradable)

2)     Detergen yang dbuat dari asam hidrokarbon yang struktur rantainya bercabang. Bahan ini tidak dapat dihancurkan oleh mikroba (Unbriodegradable)

Komponen detergen ada 3 yaitu :

1.     Surfaktan berfungsi meningkatkan daya pembahasan air sehingga kotoran yang berlemak dapat dibasahi, mengendorkan dan mengangkut kotoran dari kain dan mensuspensikan kotoran yang telah terlepas, sehingga kotoran tidak menempel kembali pada barang yang dicuci. Macam-macam surfaktan yang digunakan pada detergen yaitu:

a)     Linear alkil benzena sulfanat (LAS), etoksisulfat, alkil sulfat, memiliki daya bersih yang sangat baik, dengan  busa yang sangat banyak, biasanya digunakan untuk pencuci kain dan pencuci piring.

b)    Etoksilat, dapat mencuci dengan baik hampir semua jenis kotoran dan dapat bekerja di air sadah (air yang kandungan mineralnya tinggi)

Karena itulah, kenali bahan-bahan penyusun deterjen Anda sehari-hari berikut ini:

Surfaktan
Bahan terpenting dalam deterjen yang tugasnya menghilangkan noda dari baju Anda. Surfaktan ini dibagi jadi 3 jenis, yaitu kationik (bermuatan ion positif, tidak bereaksi dalam air sadah), anionik (ion negatif, bereaksi dengan air sadah, mengandung magnesium serta kalsium), dan nonionik (membersihkan noda minyak).

Builder
Meningkatkan kualitas pencucian deterjen dan mencegah larutan jadi terlalu basa.

Natrium silikat
Bahan anti korosi sehingga deterjen tak merusak mesin cuci Anda dan membuatnya berkarat.

Natrium sulfat
Dipakai pada deterjen bubuk, sehingga bubuk tersebut tak saling menggumpal.

Enzim
Dipakai untuk memecahkan senyawa kotoran kompleks yang sulit dibersihkan, seperti noda darah.

Optical brightener
Zat kimia yang mengubah cahaya UV sehingga jadi sinar yang tampak, memberikan kesan pakaian jadi lebih cerah.

Fragrance
Dipakai sehingga deterjen memiliki bau yang wangi dan mengusir bau tidak sedap pada pakaian kotor.

Colorant

Pewarna bagi deterjen.

Masih ada zat-zat aditif tambahan lain yang ada di dalam sabun deterjen yang bagus. Semua ini ada di dalamnya demi menghasilkan cucian yang paling bersih dengan cara optimal. Senyawa-senyawa di atas bisa Anda temukan jika Anda menggunakan sabun cuci terkenal seperti Rinso. Merk ini bisa mencuci dengan sempurna, tidak merusak mesin cuci dan pakaian, serta membersihkan noda bandel dengan mudah.
c)     Amonium kuarterner digunakan pada pelembut (softener)


d)    Imidazolin dan betain, digunakan untuk pencuci alat-alat rumah tangga.


2.     Penguat (builder) berfungsi meningkatkan efesiensi surfaktan, membantu menciptakan kondisi keasaman yang tepat agar proses pembersihan dapat berlangsung lebih baik serta membantu mendispersikan dan mensuspensikan kotoran yang telah lepas. Builder yang digunakan adalah senyawa kompleks fosfat, natrium sitrat, natrium karbonat, natrium silikat atau zeolet.

3.     Parfum : berfungsi memberi aroma pada sabun atau deterjen.


c.     Pembersih Lantai

Pembersih lantai umumnya mengandung formalin sebagai bahan aktif. Formalin berfungsi sebagai pembunuh kuman, akan tetapi beracun jika termakan. Untuk itu berhati- hatilah menggunakan pembersih lantai. Untuk lebih memberikan kenyamanan pada si pemakai, biasanya pembersih lantai diberi pewangi. Hal ini karena bau formalin yang tidak enak.
Rumah atau kamar mandi yang berporselen biasanya menggunakan pembersih porselen. Pembersih porselen memiliki komposisi yang berbeda dengan pembersih lantai. Biasanya pembersih porselen dibuat dari asam-asam kuat seperti klorida (HCL). Asam tersebut berguna untuk melarutkan kotoran yang ada di porselen.

d.    Pembersih Peralatan Dapur

Dari dulu sampai sekarang, banyak orang yang masih menggunakan abu untuk membersihkan peralatan makan. Hal ini sebenarnya cukup baik, karena pada abu terdapat zat yang dapat membantu menghilangkan kotoran. Namun, untuk efektivitas orang telah menggunakan sabun pembersih peralatan masak. Walaupun di beberapa rumah tangga masih mencampurkan dengan abu.


Adapun manfaat dari pembersih diatas ialah 
1,untuk membersihkan barang,
2.membuat peralatan dapur jadi bersih
3.membuat peralatan dapur jadi tahan dan bersih dari kuman.

2.     BAHAN PEMUTIH

Pemutih adalah sejenis sabun, umumnya cair, namun bukan sabun, yang digunakan untuk memutihkan pakaian. Pemutih umumnya memiliki bahan aktif klorin. Zat ini cukup berbahaya, maka hati-hati dalam menggunakannya. Selain klorin, bahan aktif lainnya adalah sodium perborat. Sodium perborat berupa bubuk berwarna putih yang banyak digunakan untuk memutihkan tekstil.
Tidak hanya pakaian yang menggunakan pemutih. Akibatnya banyaknya iklan di televisi yang memunculkan pemikiran bahwa orang cantik adalah yang berkulit putih, maka banyak orang membeli pemutih wajah. Berhati-hatilah dalam menggunakan pemutih wajah, karena da yang menggunakan merkuri.


BAHAN KIMIA DALAM PEMUTIH PAKAIAN

Natrium hipoklorit dan kalsium hipoklorit mempunyai sifat multifungsi. Selain sebagai pemutih, senyawa natrium hipoklorit dan kalsium hipokloritdapat berfungsi sebagai penghilang noda dan desinfektan (sanitizer). Fungsi ganda NaOCl sebagai penghilang noda maupun desinfektan, dapat menjadi keunggulan ekonomis. Jadi NaOCl selain sebagai pemutih
Pemutih dapat ditemukan dalam dua wujud, yaitu padat dan cair. Pemutih padat (bubuk putih) adalah kalsium hipoklorit dengan rumus kimia Ca(OCl)2. Pada umumnya, masyarakat mengenal senyawa ini sebagaikaporit. Kaporit lazim dipakai untuk mencuci hama air ledeng dan kolam renang. Pemutih cair adalah natrium hipoklorit (NaOCl).

Bahan pemutih umumnya dibuat dari bahan-bahan seperti berikut ini: 1)Natrium hipoklorit, NaOCl (12,5%), 2) Emal-70, 3) Parfum, dan 4) Air. Pada umumnya, produk pemutih dipasaran mengandung NaOCl dengan konsentrasi 12%-13%.

Manfaat pemutih :
Pemutih (bleaching agent) adalah bahan-bahan kimia yang dapat digunakan untuk mengatasi kotoran yang membandel pada pakaian. Bahan aktif yang terkandung dalam pemutih pakaian, antara lain natrium hipoklorit atau natrium perklora

3.     BAHAN PEWANGI
Wangi-wangian yang dipakai di badan, digunakan di ruangan, atau disemprotkan ke pakaian, pada dasarnya adalah sama, hanya bahan pencampuranya saja yang berbeda. Jaman dahulu, orang mengambil wangi-wangian dengan cara penyulingan (destilasi) dari tumbuh-tumbuhan asli. Sekarang, orang membuat wangi-wangian di pabrik dengan bahan baku yang berasal dari minyak bumi. Jadi, wangi melati dari parfummu sama dengan wangi melati yang ada di bunga melati, namun sumbernya berbeda. Wangi yang ada di parfum bajumu sama sekali bukan dari bunga melati sungguhan. Namun, dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan melati sungguhan. Menarik bukan?







PEWANGI RUANGAN                                               PEWANGI PAKAIAN



Aroma harum pada bahan pewangi dapat diperoleh dari bahan alami,
a. Fenil alcohol = terdapat pada bunga mawar
b. Sitrat = buahjeruk
c. Ambergis = dari ekstrak usus ikan paus
d. Gray amber = dari sperma ikan hiu
e. Castorium =dari kelenjar kaki rusa betina yang ada diAmerika Utara
dan Siberia
f. C/Vet = dari kelenjar musang Ethiopia
Adapun manfaat nya ialah
untuk memberi keharuman rasa segar pada pakaian , dan ruangan ,

4.     INSECTISIDA
Banyak jenis dan merek obat anti nyamuk yang dijual. Misalnya, obat banti nyamuk bakar, sepertibaygon, tiga roda, garuda, dan masih banyak lagi. Belum lagi obat anti nyamuk jenis oles (lotion), semprot, dan elektrik.
Bahan-bahan pengusir nyamuk tersebut dapat digolongkan ke dalam jenis pestisida, atau lebih spesifik lagi disebut dengan istilah insektisida. Untuk lebih jelasnya, pestisida adalah racun yang digunakan oleh manusia untuk membasmi hama. Pestisida terdiri atas beberapa jenis;
Ø  Insektisida, digunakan untuk membasmi serangga seperti nyamuk, kecoa, lalat, dan sebagainya.


BAHAN KIMIA 

(1). Piretrum 

Bahan bubuk alami dari sejenis tanaman krisan (chrysanthemum), hasil pengembangannya adalah bahan kimia yang dikenal sebagai piretroid. Piretroid adalah bahan kimia insektisida yang telah dikenal penggunaannya dalam membasmi serangga di sektor rumah tangga dan membasmi hama pertanian.

(2). Piretrin 

Ekstrak bahan kimia insektisida dalam piretrum

(3). Aletrin

Disebut juga d-trans-aletrin, merupakan jenis piretroid sintetis pertama

(4). Esbiotrin:

Bentuk lain dari aletrin

(5). Meperflutrin: 

Merupakan bentuk ester dari piretroid

(6). Butil hidroksi toluena (BHT):

Zat aditif yang digunakan untuk mencegah piretroid teroksidasi selama pembakaran

(7). Piperonil butoksida (PBO) dan n-oktil bisikloheptena dikarboksimida (MGK 264): 

Manfaat penggunaan Hit Obat Nyamuk:

Selain dapat digunakan untuk membunuh nyamuk, HIT juga dapat digunakan untuk membasmi kecoa dan Semut. Karena dirumah kami biasanya ada kecoa-kecoa nakal yang berebut makanan sisa di dapur. Selain dapat membawa penyakit, Kecoa juga menjijikan, anak2 kami dirumah sangat geli dengan kecoa. dan semut-semut yang kadang banyak di rongga-rongga kayu, dapat merusak sela semen dan kayu pada bangunan. Selain itu, HIT obat nyamuk juga bisa kami gunakan untuk membunuh laron yang menjelang magrib muncul dan berkeluaran dari kayu yang mulai lapuk dan kering.
obat anti nyamuk sebagai bagian dari pestisida, sebenarnya adalah sejenis racun. Untuk itu hati-hati dalam penggunaan obat anti nyamuk tersebut. Obat anti nyamuk umumnya menggunakan bahan aktiforganoposfat atau sejenis octachlorofil ether. Tentu kedua bahan itu sangat  Tentu kedua bahan itu sangat beracun.



                                                                  DAFTAR PUSTAKA 
1.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=789&tbm=isch&sa=1&ei=B6VPXeXoOK3gz7sP87ClkAE&q=SABUN&oq=SABUN&gs_l=img.3..35i39j0i67l2j0l3j0i67j0l3.1894293.1898557..1898738...1.0..0.92.466.6......0....1..gws-wiz-img.......0i10i67j0i5i30j0i10i24j0i24.lxzQ62MbZ1o&ved=0ahUKEwiliLG_iPrjAhUt8HMBHXNYCRIQ4dUDCAY&uact=5#imgrc=1MxQxMtCkUbfDM:

2.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=740&tbm=isch&sa=1&ei=c6xPXbu5IcWLmgfzr42gCQ&q=PASTA+GIGI+PEPSODENT&oq=PASTA+GIGI+PEPSODENT&gs_l=img.3..0l10.150506.157699..158032...0.0..0.84.1452.20......0....1..gws-wiz-img.......35i39j0i67.c2U3sMwOgBA&ved=0ahUKEwj7vpjJj_rjAhXFheYKHfNXA5QQ4dUDCAY&uact=5#imgrc=m1fDSAYV9nepfM:

3.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=740&tbm=isch&sa=1&ei=Eq1PXbXqDc_HrQHey6mQCw&q=SHAMPO&oq=SHAMPO&gs_l=img.3..35i39j0i67l2j0j0i67j0j0i67l4.99973.102006..102612...0.0..0.87.471.6......0....1..gws-wiz-img.kA80-ljftXk&ved=0ahUKEwi1u-2UkPrjAhXPYysKHd5lCrIQ4dUDCAY&uact=5#imgrc=lQgPP2mIZgCUvM:

4.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=740&tbm=isch&sa=1&ei=Rq5PXeHrA77Fz7sP7suo-A8&q=sunlight+pencuci+piring&oq=SUNLIGHT+PEN&gs_l=img.1.0.0l3j0i30l2j0i5i30l2.5165.6543..9466...0.0..0.75.287.4......0....1..gws-wiz-img.......0i67.fq9G7WJY51M#imgrc=KkJ07LhyzBMrzM:

5.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=740&tbm=isch&sa=1&ei=UK5PXYeVC4jaz7sPv-Ox0A0&q=DAIA&oq=DAIA&gs_l=img.3..0l10.95558.96406..96812...0.0..0.74.290.4......0....1..gws-wiz-img.......35i39j0i67.q2-Mj9ovqCQ&ved=0ahUKEwiH_buskfrjAhUI7XMBHb9xDNoQ4dUDCAY&uact=5#imgrc=86FapdqS2lCoxM:

6.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=740&tbm=isch&sa=1&ei=sa5PXdLXOZO7rQGykJKAAg&q=pelembut&oq=pelembut&gs_l=img.3..0l10.389869.392422..392858...0.0..0.85.573.8......0....1..gws-wiz-img.......35i39j0i67.0sq2aWoDhtY&ved=0ahUKEwiS9IrbkfrjAhWTXSsKHTKIBCAQ4dUDCAY&uact=5#imgrc=mJ_i9ZOb9v4eDM:

7.https://www.google.com/search?q=Imidazolin+dan+betain,+digunakan+untuk+pencuci+alat-alat+rumah+tangga.&safe=strict&tbm=isch&tbs=rimg:Ccdwm4wk0gx7ImBT4KG_1I24pYzgQ_1xKffjltCVmD4DVByplq9i5Lt95wKyjxa6-dLJfEy4C9Y68igpxPL_1_1m9hM_1ekcw111Jdmw4epmhAP3gwMvRe0CnNntfO0n2D5Z6b9Xk4uLYbE9iA3MqEglT4KG_1I24pYxHoZqX9lbxCPyoSCTgQ_1xKffjltEY1O-c7bD_14KKhIJCVmD4DVBypkRYsB8mvh2EQMqEglq9i5Lt95wKxH1-JScpWW7VioSCSjxa6-dLJfEEaL8lQypCbXXKhIJy4C9Y68igpwRuR2qyEn_1CBsqEglPL_1_1m9hM_1ehHOalewYvWPDyoSCUcw111Jdmw4EUpUy3zoSBSOKhIJepmhAP3gwMsRrnp1mikIKeQqEgnRe0CnNntfOxHntde9GsIF2yoSCUn2D5Z6b9XkEcR2E4U3Mq1vKhIJ4uLYbE9iA3MRWzCD5hxMQ_10&tbo=u&sa=X&ved=2ahUKEwilsIXClPrjAhULLY8KHWWDBwQQuIIBegQIARAv&biw=1440&bih=740&dpr=1#imgrc=qwEgaCbGwTptlM:

8.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=740&tbm=isch&sa=1&ei=p7FPXeLcFsn6vASfoZboDQ&q=molto&oq=molto&gs_l=img.3..0l10.145655.147172..147755...0.0..0.153.475.4j1......0....1..gws-wiz-img.......35i39.DwhNr8CyDRc&ved=0ahUKEwiizKDElPrjAhVJPY8KHZ-QBd0Q4dUDCAY&uact=5#imgrc=FLu_jhXNJICbeM:

9.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=740&tbm=isch&sa=1&ei=O7JPXbn_L5WSvQT3y7agAw&q=so+klin+lantai&oq=so+klin+lantai&gs_l=img.3..0l10.298744.303025..303606...1.0..0.83.1080.15......0....1..gws-wiz-img.......35i39j0i67j0i10i24.dOwm_dgDwmU&ved=0ahUKEwj5iIOLlfrjAhUVSY8KHfelDTQQ4dUDCAY&uact=5#imgrc=IqnuAYy9wBuBDM:

10.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=740&tbm=isch&sa=1&ei=6bNPXYiUKPS0mgfCn7TIBQ&q=bayclin&oq=bayclin&gs_l=img.3..0l10.147611.149954..150369...0.0..0.78.493.7......0....1..gws-wiz-img.......35i39j0i67._OKMtGFJ5p0&ved=0ahUKEwjIrIDYlvrjAhV0muYKHcIPDVkQ4dUDCAY&uact=5#imgrc=rXuiEuoop4FDwM:

11.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=740&tbm=isch&sa=1&ei=gbRPXabxBKXgz7sPh6CekAE&q=pewangi+ruangan&oq=pewangi+ruangan&gs_l=img.3..0l10.136064.141545..142182...0.0..0.90.1058.15......0....1..gws-wiz-img.......35i39j0i67.aOi_ZEPslA0&ved=0ahUKEwjmtZqgl_rjAhUl8HMBHQeQBxIQ4dUDCAY&uact=5#imgrc=iNTevszb0etKWM:

12.https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1440&bih=740&tbm=isch&sa=1&ei=a7ZPXffKINqS9QPg-bSwBQ&q=hit+obat+nyamuk&oq=hit+obat&gs_l=img.1.0.0l7j0i5i30j0i24l2.12002.14203..15816...0.0..0.93.385.5......0....1..gws-wiz-img.......0i67j0i30.97QPPBtNgQ0#imgrc=aDW9dlZQ3rdcpM:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar