CONTOH ALAT MUSIK TRADISIONAL TERLENGKAP DENGAN GAMBARNYA

 Alat Musik Tradisional Indonesia Lengkap dengan gambar


Alat Musik Tradisional Indonesia

GAMBUS



Gambus merupakan salah satu alat musik tradisional yang dipetik yang mirip dengan mandolin. Senar pada gambus ini memiliki jumlah antara tiga sampai duabelas senar dan biasanya digunakan untuk mendampingi senandung lagu berirama dari timur tengah. Bahkan ada juga yang menggunakan lirik dengan bahasa Arab ketika  nyanyi dengan diiringi dengan alat musik tradisional gambus.

 

GENDANG OKU


Gendang Oku merupakan alat musik tradisional seperti gendang yang memiliki ukuran besar alat musik tradisional ini terbuat dari kulit hewan dan kayu nangka,  bila dibandingkan dengan alat musik tradisional rebana, ukuran Gendang Oku lebih besar. Karena alat musik tradisional ditemukan saat pertama kali didalam adat budaya masyarakat Ogan Komering Ulu atau biasa di singkat OKU, banyak juga orang yang menyebut alat musik tradisional ini dengan nama Burdah.

GANDANG




Atau biasa disebut gendang minang bentuknya sama seperti gendang didaerah lain, cara memainkannya di pukul di sisi kiri dan kanan. Hanya saja cara memukulnya yang berbeda dari setiap daerahnya karena jenis irama lagunya pun berbeda. Nama kesenian di daerah padang pariaman yang terpopuler adalag gandang tasa.




GERANTUNG




Alat musik tradisional dari Sumatra utara yang terbuat dari kayu dan memiliki beberapa bagian nada, geratung digunakan dengan cara di ketuk oleh dua buah stik dengan tangan kanan dan kiri, alat musik tradisional ini digunakan  untuk mengatur ritme lagu atau melodi yang di klasifikasikan dalam jenis xylophone.

GAMBANG CAMAR



Gambang Camar merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan kayu dan logam. Alat musik tradisional ini termasuk kategori alat musik tradisional silofon, yang terdapati enam bilah kayu hitam yang diletakan pada rak bersayap dan biasa dimainkan saat acara hari besar agama Islam dan acara hiburan.




KERENCENG ATAU TERBANGAN



Kerenceng atau terbangan merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan kulit kambing dan kayu. Kerenceng dilengkapi dengan rotan yang berfungsi untuk meregangkan kulit kambing  agar suaranya lebih baik dan keras.  Alat musik tradisional ini dipergunakan untuk mengiringi suara dalam acara adat.



KELINTANG KAYU



Di Jambi juga ada alat musik tradisional yang disebut Kelintang Kayu yang merupakan musik tradisional Jambi yang terbuat dari potongan kayu yang dimainkan dengan cara dipukul. Bentuknya mirip dengan gamelan yang ada di Jawa.



SERUNAI


Serunai merupakan alat musik tradisional yang ditiup yang terbuat dari bahan dasar kuningan dan tempurung/batok kelapa. dibentuk silinder, satu sisinya seperti corong dan terdapat 6 buah lubang untuk mengatur nada. Serunai digunakan untuk upacara perkawinan.


ANGKLUNG BUHUN


Angklung buhun merupakan peralatan perkusi yang terbuat dari bahan bambu yang bila digoyang akan menngeluarkan nada-nada yang harmonis dan indah. Alat musik tradisional ini berasal dari Lebak, Provinsi Banten. Dinamakan buhun hadirnya masyarakat Baduy. Alat musik tradisional ini hanya digunakan pada acara ritual seperti acaraseren taun di Cisungsang dan seba di kabupaten Lebak.


LISUNG ATAU LESUNG



Lesung merupakan alat musik tradisional dalam mengolah padi/gabah sehingga menjadi beras. Fungsi alat ini adalah  memisahkan kulit dalam baha lain gabah atau sekam dalam Jawa merang dari beras secara mekanik. Lesung terbuat dari bahan kayu berbentuk seperti perahu berukuran kecil dengan panjang sekitar 2 meter, lebar 0,5 meter dan kedalaman sekitar 40 cm.



ALAT MUSIK MODERN

1. Gitar


Gitar ialah satu alat musik yang paling di populer dikalangan orang-orang dan seringkali dipakai untuk beragam jenis musik jaman moderen. Cara bermainnya juga sangat simpel, cukup dengan memetikkan jari tangan ke senar, senar adalah sumber bunyi dari gitar. Kini gitar juga telah terbagi menjadi 2 jenis, yaitu gitar akustik serta gitar elektrik. Bedanya adalah gitar akustik umumnya ada lubang ditengah tubuh gitar yang sudah dipakai sepanjang beberapa ribu tahun. Gitar akustik sering dimainkan untuk instrument solo dengan menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Ada juga gitar bass yang fungsinya hampir sama dengan gitar elektrik, fungsinya adalah untuk membesarkan nada atau penyeimbang musik. Tekstur badan gitar bass juga lebih besar dari gitar elektrik dan hanya mempunyai 4 buah baris senar.


2. Keyboard


Keyboard adalah alat musik yang cara mainnya mirip seperti piano, bedanya keyboard bisa memainkan berbagai jenis nada alat musik , seperti trompet, suling, gitar, biola hingga nada perkusi. Hanya dengan satu keyboard kita bisa membuat satu musik yang bagus untuk didengar dengan cara menggabungkan bermacam-macam nada alat musik yang terdapat didalamnya.


3. Organ


Organ adalah alat musik seperti keyboard yang nada-nadanya diperoleh dari tiupan angin ke beberapa pipa. Angin itu dirangkai sehingga dapat mengeluarkan nada yang kita inginkan dan menghasilkan suara yang bagus.

4. Drum

Drum adalah alat musik perkusi yang sangat vital di berbagai permainan musik, karena musik drum adalah satu inti yang memastikan ketukan atau kecepatan tempo permainan. Oleh karena itu tak salah bila drum sering disebut sebagai jantung dari permainan musik.


5. Biola


Piano adalah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki 4 buah senar dengan kunci G-D-A-E yang disetel semanya dengan interval prima ke lima. Suara terendah dari biola yaitu G. Di dalam bahasa Indonesia orang yang memainkan biola sering disebut dengan pebiola serta violinist dalam bahasa Inggris.


6. Piano


Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan cara menghimpit tuts piano dengan jari-jari tangan. Bentuk dan manfaat piano lebih mirip dengan keyboard. Tetapi ukuran piano lebih besar dari keyboard dan memiliki tuts yang lebih banyak.


7. Trompet


Terompet adalah keluarga alat musik tiup yang terbuat dari logam. Trompet hanya memiliki 3 tombol, cara memainkannya adalah dengan mengatur angin yang masuk melalui penghimpit tombol dengan teratur serta tak asal-asalan dan menghasilkan nada yang indah untuk didengar.


8. Saxophone


Saxophone adalah keluarga alat musik tiup logam yang jangkauan suara serta kekuatan berekspresinya yang besar. Alat musik ini Di ciptakan oleh Adolphsax pada th. 1846. Saxophone sering dimainkan untuk musik dengan aliran jazz dan untuk acara pesta.


9. Seruling



Seruling adalah alat musik tiup dari bambu yang mempunyai 8 buah lubang. Dizaman moderen ini sangat banyak type serta bahan yang digunakan untuk membuat seruling, Seperti mulai dari logam alumunium s/d plastik dan yang lainnya. Di indonesia seruling sering dimainkan pada musik dangdut.


10. Harmonika



Harmonika adalah alat musik paling gampang untuk cara memainkannya untuk setiap orang. Hanya dengan meniupkan atau menghisapnya, harmonika dapat mengeluarkan nada yang cukup bagus. Harmonika ternyata alat musik tradisional yang datang dari negara China yang bernama ‘Sheng’ harmonika telah dipakai oleh manusia lebih 5000 th. waktu lalu. Harmonika sering dimainkan untuk aliran musik blues dan yang lainnya.






SUMBER BAHAN : 


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar